top of page
Search
  • birumuda29

5 Katedral Paling besar di Dunia

Updated: Aug 28, 2020

Katedral ialah beberapa karya arsitektur hokiasia paling hebat di dunia. Bangunan-bangunan ini sering benar-benar istimewa serta besar hingga mencolok jadi landmark penting di kota semasing. Sepanjang beratus-ratus tahun, katedral sering adalah bangunan paling tinggi di negara mereka serta sekarang ini beberapa salah satunya masih ada.


Seringkali ada banyak kebingungan di antara ketidaksamaan gereja, katedral, serta basilika serta seringkali beberapa kata itu dipakai dengan berganti-gantian. Tetapi, dengan tegas katedral ialah gereja yang berperan jadi bangku kekuasaan buat seseorang uskup. Katedral ialah gereja yang berkaitan dengan administrasi satu wilayah agen sbobet. Untuk kepentingan daftar ini, kami cuma mengikutkan katedral yang dengan sah disebutkan katedral dengan nama sah mereka.

5. Katedral-Basilika Bunda Maria dari Pilar

Katedral-Basilika Bunda Maria dari Pilar ialah katedral paling besar ke-2 di Spanyol sesudah Katedral Seville. Katedral-Basilika mempunyai luas 8.318 mtr. persegi (89.534,207 kaki persegi). Katedral, yang seringkali disebutkan El Pilar (Pilar), ialah daya tarik penting kota Zaragoza.


Seperti namanya, Katedral-Basilika Bunda Maria dari Pilar diperuntukkan untuk Perawan Pilar sebab ada patung Perawan Maria di atas kolom jasper yang ada di katedral. Patung itu diserahkan kepada St James oleh Perawan Maria sendiri, yang menjelaskan padanya dimana membuat satu gereja untuk menghormatinya.



4. Katedral Liverpool

Katedral Liverpool ialah katedral Anglikan paling besar di dunia dengan luas 9.687,4 mtr. persegi (104.275 kaki persegi). Di pusat Katedral Liverpool ialah satu menara tunggal, yang tingginya 100,8 mtr. (331 kaki) serta adalah satu diantara menara lonceng paling tinggi di dunia judi bola. Diluar itu, lonceng Katedral Liverpool ialah yang paling tinggi pada ketinggian 67 mtr. (219 kaki) di atas tanah serta paling berat dengan berat 31,5 ton (31 ton).


Pada tahun 1901, sesudah pertemuan balai kota, ditetapkan jika kota Liverpool memerlukan katedral baru. Design untuk Katedral Liverpool direncanakan oleh Giles Gilbert Scott yang berumur dua puluh dua tahun serta diambil pada tahun 1903. Pembangunan Katedral Liverpool berjalan dari tahun 1904 sampai 1978.


3. Katedral Saint John the Divine

Katedral Saint John the Divine ialah katedral paling besar di Amerika Utara serta berperan jadi ibu gereja Keuskupan Episkopal New York dan adalah tempat posisi Uskupnya. Dengan luas 11.200 mtr. persegi (120.555,8 kaki persegi), Katedral Santo Yohanes Ilahi dibuat dalam tiga babak, mulai tahun 1892.


Tidak seperti beberapa katedral lain dalam daftar ini, Katedral Santo Yohanes Ilahi relatif muda (cuma dibuka seputar 126 tahun) serta masih dipandang seperti pekerjaan yang sedang berjalan. Tidak hanya katedral tersebut, Katedral Saint John the Divine serta taman-taman di sekelilingnya dan bangunan penambahan membuat kompleks seluas 11,3 acre.


2. Katedral Seville

Katedral Seville ialah susunan Gothic paling besar di dunia serta katedral paling besar ke-2 di dunia. Katedral paling besar di Spanyol mempunyai luas 11.520 mtr. persegi (124.000.25 kaki persegi) serta Katedral Seville berperan jadi Ketua Uskup Agung Seville. Walau katedral keseluruhannya cukup mengagumkan, satu diantara karya seni paling hebat agen bola ialah altar Katedral Seville. Ini dipandang seperti altar paling besar di penjuru dunia Kristen serta hampir 30 mtr. (98,42 kaki) tingginya serta 20 mtr. (65,6 kaki) lebarnya.


1. Katedral Milan

Katedral Milan atau Duomo di Milano ialah katedral paling besar di dunia dengan luas interior 11.700 mtr. persegi (125.937,75 kaki persegi). Katedral paling besar Italia besar sekali hingga beratnya seputar 325.000 ton. Diluar itu, Katedral Milan lumayan besar untuk menyimpan 3.400 patung, 150 gargoyle, 55 jendela kaca patri, serta 200 relief relief. Katedral Milan mencari sejarahnya sampai 1386 saat Uskup Agung Antonio da Saluzzo membuat gagasan untuk katedral baru, yang diperuntukkan untuk Santa Maria Nascente. Sepanjang beberapa era selanjutnya, Katedral Milan diperluas jadi pekerjaan restorasi yang ekstensif di era ke-20.



4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page