top of page
Search
  • birumuda29

5 Gereja Paling besar di Dunia

Updated: Jul 19, 2019

Gereja tetap berdiri jadi bukti iman serta keyakinan orang pada Tuhan. Karenanya, gereja ialah beberapa susunan paling besar yang sudah pernah dibuat dalam riwayat. Gereja-gereja adalah beberapa karya seni serta arsitektur paling indah serta penuh hiasan di dunia. Gereja-gereja besar dalam daftar ini sejumlah besar oleh Katolik Roma waktu dulu. Tetapi, tidak semua gereja masih dibawah kekuasaan Katolik serta Hagia Sophia saat ini jadi museum.


Untuk kepentingan daftar ini, kami tidak masukkan gereja apapun yang katedral. Kami sudah mengulas katedral paling besar di dunia pada daftar terpisah . Saat tulisan ini, ini ialah beberapa gereja paling besar di dunia.

5. Basilika Santo Paulus Di Luar Tembok

Basilika Santo Paulus Di Luar Tembok salah satu basilika paling kuno di Roma. Basic Basilika pertama-tama ditahbiskan pada era ke-4 M serta basilika pertama di situs ini dibuat oleh Kaisar Constantine. Basilika pertama ini ditahbiskan oleh Paus Sylvester pada tahun 324 M. Semenjak itu, tetap ada basilika di situs.


Basilika Santo Paulus di Luar Tembok sekarang ini mempunyai luas 8.515 mtr. persegi (91.654,7 kaki persegi). Di tempat kompleks satu Biara Benediktin kuno, dipulihkan oleh Odon dari Cluny pada 936 M. Hebatnya, Biara ini masih aktif ini hari dibawah instruksi Kepala Biara sekarang ini.


4. Basilika Tritunggal Mahakudus

Basilika Tritunggal Mahakudus ialah megachurch yang cukup baru di Shrine of Our Lady of Rosario of Fátima di Portugal. Tritunggal Mahakudus ialah gereja paling besar di Portugal serta mempunyai luas 8.700 mtr. persegi (93.646 kaki persegi). Basilika Tritunggal Mahakudus lumayan besar untuk menyimpan 9.000 bangku serta kompleks ini mempunyai empat gereja kecil.


Sebab Tempat Suci Fátima didatangi oleh juta-an orang tiap tahun, satu gereja baru dibutuhkan dalam tempat itu sebab gereja awalnya cuma menyimpan beberapa ratus orang. Basilika Tritunggal Mahakudus dibuat di antara 2004 - 2007 serta mempunyai penampilan arsitektur kekinian.


3. Basilika Our Lady of Licheń

Basilika Our Lady of Licheń ialah gereja paling besar di Polandia dengan luas 10.090 mtr. persegi (108.608 kaki persegi). Basilica terdapat di Shrine of Our Lady of Sorrows di Licheń Stary. Gereja ini diperuntukkan untuk Our Lady of Sorrows, Ratu Polandia, yang disebut gambar yang diberi berkah yang sudah berada di Licheń Stary semenjak 1857. Dengan gambar Our Lady of Sorrows yang dipajang, Basilika Our Lady of Licheń dipandang seperti Situs ziarah sangat penting di Polandia. Basilika mulai dibuat pada tahun 1994 untuk gantikan gereja yang lebih tua, dimana Gambar Ajaib dipertunjukkan. Sesudah satu dekade, Basilika Our Lady of Licheń ditahbiskan pada 12 Juni 2004.


2. Basilika Kuil Nasional Bunda Maria Aparecida

Basilika Kuil Nasional Our Lady of Aparecida ialah gereja paling besar di Brasil dengan luas 12.000 mtr. persegi (129.167 kaki persegi). Bunda Maria dari Aparecida ialah kuil penting buat rakyat Brasil serta diperuntukkan untuk Perawan Maria, yang sudah jadi santo pelindung negara itu semenjak tahun 1930.


Jadi gereja paling besar ke-2 di dunia, Basilika Kuil Nasional Our Lady of Aparecida diadukan bisa menyimpan sampai 45.000 orang. Sebab Basilika ialah tempat yang demikian penting, juta-an peziarah berkunjung ke tiap tahun untuk menghargai Bunda Maria. Beberapa Paus sudah berkunjung ke Basilika Kuil Nasional Our Lady of Aparecida, terhitung Paus Yohanes Paulus II, Paus Benediktus XVI, serta Paus Francis.


1. Basilika Santo Petrus


Basilika Santo Petrus ialah gereja paling besar serta mungkin terpopuler di dunia. Basilika Santo Petrus yang besar ada di jantung Kota Vatikan serta mempunyai ruang interior 15.160 mtr. persegi (163.181 kaki persegi) serta ruang exterior 21.095 mtr. persegi (227.065 kaki persegi). Basilika Santo Petrus lumayan besar untuk menyimpan 20.000 orang.


Sesaat Basilika Santo Petrus ialah gereja Katolik yang paling mengagumkan, sebetulnya bukan gereja induk dari Gereja Katolik atau katedral (tempat duduk) Keuskupan Roma. Tetapi, itu dipandang seperti satu diantara tempat paling suci dalam agama Katolik. Basilika Santo Petrus adalah tempat ziarah buat banyak umat Katolik serta Paus seringkali pimpin beberapa liturgi tiap tahun, yang menarik beberapa puluh ribu orang.



39 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page